Bisama Betara Kawitan

Written by pasekpundukdawa on Rabu, 25 April 2012 at 4/25/2012 12:22:00 AM

Om Awignam Astu :

Kamung Pasek Muang Bendesa, haywa lupa ring kahyangan, makadi ring Lempuyang, ring Besakih, ring Silayukti, mwang ring Gelgel Dasar Buana.
Yan Kita lupa ring Kahyanganta, wastu kita tan anut ring apasanakan, tan wus amangguh rundah, tan mari acengilan ring apasanakan, sugih gawe kurang pangan.
Mangkana piteketku ring pratisentana, kapratiste prasanti, sinuhunde kita prasama. Kita tan wenang piwal ring piteketku, ila-ila dahat, haywa lupa.
Mwah yan kita pageh ring piteketku, moga tan wus kita amanggihang dirgayusa, amanggih wiryaguna manta, sidi ngucap, jana nuraga, asihing hyang dibyaguna, susila wruhing naya, mangkana cinandyeng lepihan.

Terjemahan:

Semoga tidak terhalang !
Kamu Pasek dan Bendesa, jangan lupa akan kahyangan sesembahanmu, seperti yang berada di Gunung Lempuyang, di Besakih, di Silayukti (Padang Bai) beserta di Gelgel Dasar Buana. Bila kamu sampai lupa akan kahyangan sesembahanmu, semoga kamu tidak rukun bersaudara, tidk henti-hentinya tertimpa kesulitan, tak putus-putusnya bertikai sesame saudara, banyak memiliki keterampilan kerja, namun kurang penghasilan.
Demikian pesanku, kepada kamu sekalian keturunanku (generasiku), yang sudah dicantumkan pada prasasti, yang kamu anut bersama. Kamu tidak boleh menentang sabdaku, amat berbahaya, jangan sekali-kali kamu lupakan.
Apabila kamu menerima dan taat akan sabdaku, semoga kamu panjang umur, menikmati martabat yang mulia, memiliki keterampilan yang berarti, setiap yang diucapkan akan menjadi kenyataan, dihormati di dunia ini, dikasihi para Dewata, karena kamu orang bijaksana, memilikiketerampilan utama, bertingkah laku yang sopan, lihai didalam hal pemecahan masalah.

0 Responses to "Bisama Betara Kawitan"

Tentang Kami

Site ini kami tayangkan sebagai sarana komunikasi antarwarga Dadia Pasek Gelgel di Desa Punduk Dawa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, dan juga untuk pihak-pihak yang terkait dengan organisasi Dadia Pasek Gelgel di Desa Punduk Dawa.